Standar Capaian Pembelajaran Lulusan (SCPL)

1.

Menguasai konsep dasar filsafat dan fisafat pendidikan berdasarkan konsep teoritis dari sistematika filsafat yang terdiri dari ontologi, epistemologi dan aksiologi, serta menguasai prinsip-prinsip perkembangan ilmu pengetahuan dengan mengembangkan kecakapan berpikir logis sesuai ragam aliran filosofis yang berkembang periode Yunani Kuno sampai periode Kontemporer.

2. Mengembangkan keilmuan pendidikan dan Olahraga sebagai dasar utama pengembangan konsep dan teori disiplin ilmu olahraga sehingga mampu membuat keputusan dalam konteks penyelesaian masalah dan pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi di bidang pendidikan olahraga yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora berdasarkan kajian ilmiah atau eksperimental serta dapat Menelaah isu-isu, problematika dan melakukan pengembangan sistem manajemen dalam bidang pendidikan olahraga yang dapat Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik
3. Mampu Mengembangkan ilmu pendidikan olahraga sebagai paradigma dalam pengembangan ilmu dan pemecahan masalah bangsa, masyarakat dan peserta didik serta melakukan validasi akademik atau kajian pendidikan olahraga dalam menyelesaikan masalah pendidikan melalui pengembangan pengetahuan dan keahlian, membuat keputusan dalam konteks penyelesaian masalah dan pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi di bidang pendidikan olahraga yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora berdasarkan kajian ilmiah atau eksperimental sehingga dapat merancang, melaksanakan, dan mengevaluasi pembelajaran pendidikan olahraga, Mengembangkan model-model pembelajaran, evaluasi, dan remedial yang Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang  keahliannya secara mandiri serta menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik
4. Mampu mengembangkan berbagai konsep, teori serta metodologi penelitian yang relevan dengan paradigma penelitian bidang Olahraga yang dijadikan landasan praktik pendidikan olahraga yang dapat mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif melalui penelitian ilmiah, penciptaan desain atau seni dalam bidang ilmu pengetahuan dan teknologi bidang pendidikan olahraga serta , mengembangkan asessmen penilaian yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora serta mengidentifikasi obyek penelitian bidang  pendidikan, pendidikan olahraga dan memposisikannya ke dalam suatu peta penelitian yang dikembangkan melalui pendekatan interdisiplin dan multidisiplin, mengelola, mengembangkan dan memelihara jaringan kerja sama dengan kolega, sejawat di dalam lembaga, masyarakat, dan komunitas penelitian yang lebih luas sehingga mampu menyusun dan mempublikasikan karya tulis ilmiah bidang pendidikan olahraga dalam forum dan atau jurnal ilmiah yang dapat berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan pancasila, menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain serta menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang  keahliannya secara mandiri
5. Mampu mengembangkan pengetahuan dan pendekatan pembelajaran berbasis Teknologi Informasi yang mampu memelihara dan mengembangkan mutu pendidikan pada jenjang Magister sehingga dapat memanfaatkan teknologi informasi dalam belajar dan berkarya dalam Merancang pembelajaran online dan offline untuk menyusun ide, hasil pemikiran, dan argumen scientifik secara bertanggung jawab berdasarkan etika akademik di bidang pendidikan olahraga, serta mengkomunikasikannya melalui media kepada masyarakat akademik dan masyarakat luas, berupaya meningkatkan kapasitas belajar secara mandiri, mengelola, mengembangkan dan memelihara jaringan kerja sama dengan kolega, sejawat di dalam lembaga, masyarakat, dan komunitas penelitian yang lebih luas sehingga memiliki kesadaran akan keragaman profesi yang menghendaki kolaborasi professional dalam pengembangan keilmuan dan profesi pendidikan olahraga, bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan